Jalan kebenaran Ketauhidan

Selamat bergabung di Blog http://worldtauhid.blogspot.com,Semoga memudahkan kita untuk mencapai jalan menuju syurganya

Senin, 28 Februari 2011

Arti Sebuah Agama

 Kadang kala kita tidak memahami apa sebenarnya maksud agama.  Mungkin kita menerka-nerka artinya, ataupun sebagian dari kita malah itu tidak begitu penting. Yang penting menjalankannya.Apakah akan selesai sampai disitu, belum. Sebaiknya kita sebagai umat beragama tahu arti agama. Hal akan timbul bilamana orang yang tidak beragama atau kurang agamanya ingin menggoyahkan keyakinan kita sebagai umat beragama. Nah, untuk itu sekiranya kita harus tahu.Selain dari kata agama, dikenal pula kata din dari bahasa Arab dan kata religi dari bahasa Eropa. Din dalam bahasa semit (Arab) berarti undang-undang atau hukum. Dalam bahasa Arab kata ini mengandung arti menguasai, patuh, kebiasaan.Religi atau relegre (Latin) mengandung arti mengumpulkan, membaca. Tetapi menurut pendapat lain kata itu berasal dari religari yang berarti mengikat. Agama memang mepunyai sifat-sifat yang mengikat manusia. Intisari yang terkandung dalam istilah-istilah diatas adalah ikatan. Agama mengandung arti ikatan-ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manusia. Oleh karena itu agama diberi definisi-definisi sebagai berikut:       1.Pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan kekutan Tuhan yang harus dupatuhi manusia.
2.Pengakuan terhadap adanya kekuatan Tuhan yang menguasai manusia.
3.Mengikat diri pada suatu bentuk hidup yang mengandung pengakuan pada suatu sumber yang berada di luar diri manusia dan yang mempengaruhi perbuatan-perbuatan manusia.
4.Percaya pada suatu kekuatan Tuhan  yang menimbulkan cara hidup yang tertentu.
5.Suatu sistem tingkah laku (code of conduct) yang berasal dari suata kekuatan Tuhan.
6.Pengakuan terhadap adanya kewajiban-kewajiban yang diyakini bersumber dari kekuatan Tuhan.
7.Pemujaan terhadap kekuatan Tuhan  yang timbul dari perasaan lemah dan perasaan takut terhadap kekuatan misterius yang terdapat dalam alam sekitar manusia.
8.Ajaran-ajaran yang diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui seorang Rasul.
    Sobat inilah sebagian Makna dari agama yang selama ini di syiarkan oleh umat,semoga tidak ada perpecahan hanya mengatas namakan AGAMA.

Tidak ada komentar: